zikir terbaikDalam buku Kisah – Kisah Pencerah Sufi, terdapat satu bahasan tentang Zikir para Malaikat. Berikut ceritanya :
Dalam kitab Al Khozin dikatakan, “Ketika Allah menciptakan ‘Arsy, Dia perintahkan sejumlah malaikat untuk memikulnya. Kemudian malaikat merasakan sebagai sebuah beban yang agak berat. karena itu Allah berfirman kepada malaikat “Katakanlah : Subhanallah” lalu para malaikat mengucapkan kalimat itu hingga ringanlah beban pikulan mengangkat ‘Arsy. Sejak saat itu para malaikat mengucapkan Subhanallah sepanjang jamannya.
Ketika Allah menciptakan nabi Adam, tiba – tiba nabi Adam bersin. Allah mengilhamkan kepada nabi Adam agar mengucapkan “Alhamdulillah“. Allah kemudian mengucapkan “Yarhamukallah”, (semoga Allah menyayangimu). Para malaikat pun berkata “Ini adalah kalimat yang sangat agung karena itu tidak patut dilalaikan”. Malaikat pun menggabungkan kata baru tersebut dengan kata sebelumnya, sehingga malaikat selalu membaca “Subhanallah Walhamdulillah”. Dua kalimat tersebut selalu dibaca oleh malaikat hingga Allah menciptakan nabi Nuh, as.
Umat nabi Nuh adalah umat pertama penyembah berhala dan menjadikannya sebagai tuhan. kemudian allah mewahyukan kepada nabi Nuh untuk menyampaikan kepada kaumnya kalimat “La Ilaaha Illallah” tiada tuhan selain Allah. Nabi Nuh pun menyampaikan kalimat tersebut kepada umatnya.
Mendengar kalimat tersebut, malaikat merasa sangat bahagia dan menggabungkannya dengan dua kalimat sebelumnya. Sehingga sepanjang waktu malaikat mengucapkan “Subhanallah Walhamdulillah Wala Ila Ha Illallah”.
Sampailah Allah mengutus nabi Ibrahim dan memerintahkan nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya. Saat akan disembelih Allah mengganti dengan domba, seketika nabi Ibrahim berkata “Allahu akbar” sebagai ungkapan gembira. Para malaikat pun berkata “Sungguh indah kalimat yang keempat” dan malaikat menggabungkan dua kalimat tersebut dengan kalimat yang terakhir, sehingga malaikat selalu berucap “Subhanallah Walhamdulillah Wala Ila Ha Illallahuallahuakbar”
Ketika riwayat ini disampaikan oleh malaikat Jibril kepada nabi Muhammad saw, dengan nada takjub nabi Muhammad berkata “Laa Haula Wala Quwwata Illabillahilaliyil Adhim”. Mendengar kalimat tersebut para malaikat menggabungkannya dengan empat kalimat sebelumnya menjadi:

 

Subhanallah Walhamdulillah Wala Ila Ha Illallahuallahuakbar Laa Haula Wala Quwwata Illabillahilaliyil Adhim”

 

wallahualam bissawab :: Allah yang maha tahu sebenarnya…

yang penting kereeennnn… biggrin

  1. weeeww… kereeen…
    Saya baru baca cerita ini, tfs Jiiiiiii…….. ^___^

  2. hehehehe.. klo copasan, cantumin sumbernyalah… πŸ˜›
    eh..eh… mo nanya, klo buka AIS di selain inet kantor di alamat apa yo??
    *jiaaaahh… jauh2 ke mari malah nanyain AIS :))

    • itu sumbernya ada di paling atas waktu pembuka :p
      yee nanya gawean disini lagi.. ga asik ah,, ntar orang2 pada tau lagi.. ssst… kirim email aja sini.. πŸ˜€

  3. eh, sudah ya…. ?^__^a
    maap, ga perhatiin v^^
    seep… abis kmaren di sapa di ym ga jawab πŸ˜›
    udah tauk dari si ram ram πŸ˜€ πŸ˜€

  4. Subhanallah…. Informasi yang bagus… wah, ternyata wes dadi pak ustad saiki…
    Hmm… kalau boleh saran Fa, coba tampilkan juga dalil dari riwayat ini (Al-Qur`an atau Hadits shahihnya) biar kita ga terjebak pada retorika atau pendapat seorang ulama saja…. cos yang namanya dari ulama bisa salah, tapi kalu langsung dari Allah dan Rasulullah SAW gak kan salah…sebab bisa berabe neh kalau untuk urusan akidah…. apalagi kaya aku yang belum baca tuh buku secara keseluruhan… hehe…
    Tetap semangat….

    • tengs sarannya bang Oed… utk beberapa bagian seperti malaikat yang menjaga arsy.. ada tuh di Quran.. klo ga percaya cari sendiri deh.. hehe.. **becanda.. tar di tambah2i oke!
      ga sampe kepikiran jauh bang Oed.. tapi maksud hati dari tulisan diatas mengingatkan akan zikir… yang memang caranya dikemas dengan cerita diatas.. untuk kebeneraannya saya cantumkan sumber tulisan..
      wallahualam bissawab :: Allah yang maha tahu sebenarnya…
      tengkyu.. πŸ˜€

  5. Subhanalloh. Apik apik ji.
    yuhassibu lahuu maa fissamawaati wal ardh…demikianlah adanya segala hal yg dlm liputanNya mensucikanNya. Sebagaimana Dia yg setiap saat berkata2 demikian pula mahluk dg tasbihnya. Batu, air, pohon dan semesta melakukan. Lebih2 malaikat, mahluk yg tiada hari kecuali dlm ketaatan perintahNya. Sejatinya tumbuhan hewan dan benda2 yg mata fisik kita melihatnya sbg mati juga bertasbih. Yg sedikit mengherankan adlah kita manusia. Sehrausnya sesuai fitrah kita pun tunduk sujud tasbih padanya. Namun justru krn akal yg hanya manusia punya menjadi kendala ketundukan itu. Seringkali ilmu menjadi hijab ke Allah. Pada akal itu bersembunyi bisikan keraguan dsb dr setan. Smakin cabggih akal kita smakin canggih pula setan yg dikirimnya. Muga2 kita atas ridoNya memenangi pertempuran jihadnafsi (jihad ego) ini tioap detik ke detik. Yaa muqolibal quluub, sabbit qolby ala dinika wa ala toaatik. Wahai Zat pembolak balik hati, mohon tetapkan hatiku pd agamamu dan ketaatan pdMu. Amiin.

    • inget kemarin sapa yang bilang ya.. setan pun untuk menggoda manusia berdoa juga kepada Alloh.. hahaa.. jadi manusia kegoda atas izin Alloh.. lah sekarang kuat2an doa mana yang lebih kuat .. manusia ato setan…
      ini menarik… πŸ˜€

  6. Nyoba coment dg hp ji. Kok iso yo. Kae mau salah, kudune yusabbihu..al ayah. Karo ki mau nyoba googling blogmu, kok gampang yo kecekele..wekku ketoke cen digawe angewl mergo aku rung kuat dipuji po dicela πŸ™‚

  7. Ttg sholawat, ada satu yg dibaca banyak org, diyakini karomahnya, sekaligus kontroversial dianggap bid’ah. sebenarnya semua solawat selaian ibrahimiyah (wah dadi kelingan mbrahiman..) dianggap tdk sahih mengada2 bkinan sendiri bidah sesat menyesatkan. Nah diantara salawat berbidah itu nariyah istimewa. Sy ngalami banyak hal istimewa berkait dg pengamalan nariyah ini.
    Shalawat nariyah digubah oleh syeh Nariyah, sorang ahli ibadah di jaman rasul. Jika sahabat lain masyhur oleh kecerdasannya spt sayida ali ra, zait bin sabits, muad bin jabal, dsn yg lain dengan dg kekayaan n dermanya spt abu bkr, abu sufyan, ustman, maka syekh Nariyah ini berada d barisan sahabat macam abu zar al gifari, atau bilal jaman awal islam, atau hasan bashri pd era khalifah abasyiah.
    Wadduh, trem teko. Munggah sik…

  8. Nyoba browser opera mini ki mau. Ketoke kok ga lancar po koneksiku yo. Internet d laptop putus, iki njur hp. Coba nak smene ngririme luwih gampang gak..

  9. Ah koneksine ketoke. Iki lancar. Lanjut dikit, drpd bengong di kreta. Sekh nariyah bkn sahabat yg kaya, cerdas, pun bkn pemberani spt hamzah, khalid bin walid, ataupun sayidan umar. Ia pribadi tdk menonjol, sorang ahli ibadah yg hatinya dipenuhi cinta pada nabi dan allah. Kesanku dia lugu (sptnya kt hrs mnaruh hormat agak lbh pd org2 lugu. Org bgini sengaja disimpen allah dr hiruk pikuk dunia yg oleh akal penghuninya dirumit2kan jd spt menarik complecated penuh tantangan warna warni dsb).
    ‘Rasul, aku ingin masuk surga bersamamu’ pinta Nariyah pd Nabi dg lugunya. Ia sengaja mendatangi saat kumpul dg para sahabat d ebranda masjid usai jamaah solat. Lalu ia menunjukka ‘puisi’ shalawat karangannya yg ia baca 4444 kali taip malam dg air mata rindu pd nabi kekasihnya.
    “Sekh Nariyah akan bersamaku di surga” kata Nabi pd para sahabat. Nariyah, leleki tua yg karenanya dipanggil Syekh itu menhambur memeluk nabi dg tubuh berguncang menahan suka cita dan keharuan tiada kira.
    Berabad kemuda, ratusan mil dari madinah, sorang penyair tua yg lumpuh mengulang kisah dramatis ini. Dengan semangat cinta yg sama beliau bukan hanya menggubah bbrp baris shalawat tapi menulis berbait2 puisi pujian doa harapan sanjungan pada rasul tercinta. Puisi cinta yg hari ini kita mengenalnya dg nama BURDAH (nama jubah yg diberikan nabi dlm mimpinya).
    Dua kursi di depanku, dalam trem menuju rumah, perempuan muda tengah membaca majalah. Covernya dipenuhi wajah model jerman yg lagi naik daun yg fotonxa terpampang dimana2. Dipuja sbg icon cinta dan kesuksesan. Gaya hidup sama –menjadikan org sbg idol/berhala– yg mlanda di sluruh dunia, trmasuk indonesia. Kita dg rela menambatkan hati berharap,memuja pemain bola, bintang film, seniman, tokoh, dr mulai luna maya irfan bahdim anand krisna hingga aa gym,ayatullah, dan pribadi suci pimpinan spiritual lain…
    Padahal pesan allah bgitu tegasnya ‘kalian tdk akan beriman hingga mencinta ALLAH dan RASUL melebihi dirinya’…

    • nice story sir… uapik tenan,, antara pemikiran pribadi ples sejarah.. nuwun nuwun sampun dibagi bagi ceritanya,, kalo ada lagi.. monggo..
      bab cinta sama Rasul rada gampang2 susah. berkaitan sama khauf dan raja.. cerita diatas dikatakan secara polos saya ingin ke surga bersamamu..
      cinta Rasul karena ala pendek takut neraka dan mengharap surga.. lha cinta rasul yang pure gitu lho.. uangel iku..

      • ya sederhana begitu Ji. Gak ada pure-purenan. memangnya Bali..:)
        menurut pengalamanku –muga2 tdk kaburamaktan, jaga sy ya allah– ada 2 caracinta nabi dan 2 indikasinya, ukurannya.
        1. baca sebanyak2nya kisah, sejarah Nabi, kehidupannya, sirah nabawaiyah, kisah2 sahabat TANPA dianalisis, dikritisi, dicari2 logisnya, diteliti dan seabgreg gaya ilmiah lain. Bahkan SEBALIKNYA tumbuhkan kerinduan keharuan rasa bahagia ketemu Nabi saat membaca kisah2 itu. Usahakan seimajinatif mungkin menghadirkan Nabi, atau seolah kamu berada dlam cerita, kisah, sejarah itu. Rasakan ceritanya hingga kamu secara emosi terlibat.
        Misal saat nabi pertama kali proklamirkan Islam, spotan reaksi bermunculan ada yg nrima (sangatsedikit spt abu bakar cs) dan lbh banyak menolak, spt abu jahal, abu lahab, abu sufyan. Mrk nolak bukan saja terganggu idelogi/keyakinannya tp juga hidup mereka (ingat mrk para pedagang, pengusaha, pebisnis, enterpener). Pas baca bagian ini, bayangkan kita ada disitu, kita bagian masyarakat makkah saat itu, lalu jujur tanyakan ke diri: kira2 sy saat itu akan milih mana ya di belakang abu bakar dkk yg scr material tdk menonjol dan mendukung agama baru yg boleh jadi sesat, ataukah di blakang abu sufyan yg sukses bisnisnya, hidup terhormat, dan jgan salah paham org2 sukses ini gak beda jauh dg org sukses material/pebisnis di indo maksudku bukan terus jahat suka nipu dsb).

        • ikie nek dilanjutke ternyata pemikiran saya cinta Rasul = mempelajari perilaku nabi untuk mendapatkan ridha nya Alloh, versi bold nya.. dan masih banyak pelajaran lain masalah kepemimpinan, cobaan, ujian, tantangan etc etc…

  10. potonya apik, copy-paste ah…..

  11. insya Allah kita termasuk hamba Allah yg selalu beriman & dijaga dari sifat lalai untuk mengingatnya, amin…

Comment here