just joke :
Sholat magrib kan 3 rakaat, tapi makmum masbuk bisa duduk tasyahhud sampai 3 x. Jadi tiap rakaat duduk tasyahhud dung. Kok bisa? jawabnya begini…..
Makmum masbuk kan makmum yang terlambat, sewaktu imam duduk tasyahhud awal, makmum masbuk langsung bergabung. Rakaat pertama buat makmum masbuk, rakaat kedua bagi imam. Rakaat ketiga imam duduk tasyahhud akhir dan rakaat kedua bagi makmum masbuk. Dan terakhir makmum masbuk menambahkan kekurangan rakaat terakhirnya.
Jadi makmum masbuk duduk tasyahhud di setiap rakaatnya.. 😀

  1. iya… betull sekali.. alangkah lebih baiknya klo jadi makmum yg gak masbuk.. heee… 😀

  2. maaf, mw meluruskan, jika imam sudah dalam keadaan tasyahhud awal, masbuk baru bergabung, masbuk belum mendapat rakaat. Masbuk mendapatkan 1 rakaat ktika masbuk tidak tertinggal ruku’ imam…
    trima kasih,
    semoga bermanfaat… ..

    • fadlilsangaji

      terimakasih hamba Allah yg sudah mengingatkan… ^_^
      posting ini sebenarnya sekedar iseng saja, dan telah sesuai pada maksud yang sama. Karena makmum masbuk belum terhitung 1 atau dua rakaat maka makmum wajib menambahkan 1 atau 2 rakaat sesuai rakaat keterlambatan makmum setelah imam salam.
      karena itu si makmum dapat 3 tasyahhud, 3 kali tasyahhud akan didapatkan makmum baik terlambat 1 rakaat ataupun 2 rakaat. bukan begitu yak?!
      salam.

Comment here