Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini pada pukul 08:00 ( 07 Desember 2018 ) DirOpsCom Pa Putut Sri Muljanto mengumpulkan seluruh jajaran beliau untuk memberikan instruksi kerja. Semenjak diangkat menjadi Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III pada awal November 2018 baru kali ini seluruh jajaran sampai dengan staff dipanggil untuk mendapatkan instruksi kerja.

Yang menarik mengapa sampai fadlil tulis disini adalah salah satu instruksi beliau yang cukup ajeb terkait keagamaan yaitu :

Saya sebagai pribadi sudah cukup berat menanggung dosa saya sendiri, maka sebagai pimpinan saya tidak ingin menanggung dosa kalian. Karena itu setiap terdengan adzan maka hentikan aktifitas kalian dan segeralah menuju ke masjid menunaikan sholat.

Dan benar, beliaupun mencontohkan beberapa kali saya temui sehabis sholat berjamaah di masjid sebagai makmum, merakyat dan tidak terkesan ekslusif. Siapapun dapat berbicara dengan beliau.

Salah satu instruksi beliau yang cukup menarik lainnya adalah jangan rubah gaya hidup mu apapun jabatan mu saat ini. Jika mendapat kenaikan jabatan ataupun kenaikan gaji, tetaplah sederhana dan menjadi dirimu sendiri yang sebelumnya. Handphone, tidak perlu mengikuti trend ataupun gaya. Mobil jika masih bisa dikendarai tidak perlu ganti, dan contoh lain sebagainya. Mengapa ? Karena jabatan mu itu hanyalah sementara, jika sewaktu waktu engkau dipindah ataupun diganti kau tetap menjadi dirimu.

Apa yang fadlil terima dari instruksi tersebut adalah lebih ke hati kita yang tetap stabil ketika menghadapi kelapangan ataupun kesempitan. Tetap menjadi saya apapun yang terjadi. Lebih ke arah mentata dan memantapkan hati lho ini, kembali kepada Allah yang memberikan setiap apapun yang melekat pada kita saat ini.

Instruksi atau lebih tepatnya nasehat berikutnya yang diungkapkan oleh pa Putut diantara lain :

  1. Selalu berpikir positif apapun yang terjadi dan apapun yang dihadapi. Sekali lagi fadlil menangkap bahwa Allah yang telah mengatur skenario atas hidup kita.
  2. Selalu ringan membantu orang lain dalam bekerja.
  3. Jangan menyimpan data untuk diri sendiri, bahkan beliau meyakinkan jika kita menyimpan data hanya untuk diri sendiri maka kita tidak mendapatkan manfaat apapun dari perilaku tersebut.
  4. Kerjakan pekerjaannya dan jangan melempar pekerjaan kepada orang lain.
  5. Kepada setiap pimpinan jika sedang bepergian dalam rangka tugas kantor selalu ajak staff nya. Hal ini untuk mendidik setiap orang pada lingkungannya agar mendapatkan pengetahuan yang baru. Meningkatkan kemampuan SDM yang ada pada tim nya.

Udah,, sekian aja yang saya inget. Semoga bermanfaat untuk saya dan juga para pimpinan yang lain untuk bisa meniru apa yang menurut fadlil dari instruksi kerja pa Putut tadi pagi.

Kalo ada yang mau menambahkan silahkan di isikan di komentar dibawah yaa..

Comment here