anak kecil aja solat
Kekagumanku atas organ utama ini sudah sejak dahulu, otot jantung tersusun dari sel-sel otot mirip otot lurik, namun otot jantung mempunyai banyak percabangan. Sel-sel otot jantung mempunyai banyak inti dan terletak di tengah serabut. Otot jantung bekerja secara teratur, tidak cepat dan tidak mengikuti kehendak kita.
Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/1999216-otot-jantung/
Pertanyaan utama atas sel penyusun otot jantung, mengapa strukturnya berbeda dengan otot halus (otot diluar kendali kesadaran) ataupun otot lurik (otot dengan kendali kesadaran). Padahal mekanisme sel penyusun tubuh manusia adalah replacement ada sel mati digantikan dengan sel baru bersumber dari makanan. Penyusunan struktur sel tersebut sudah tertata rapi sesuai pada fungsinya masing – masing. Tidak tertukar dan tidak juga salah. Subhanalloh.

~~ – ~~
Masih menurut :: http://akhmadfarhan.wordpress.com/2011/04/20/keajaiban-jantung/
Jantung memompa darah hampir 2 galon per menit atau lebih dari 100 galon per jam (lebih dari 450 liter karena 1 galon = 4.546 cc). Dalam sehari 2.400 galon (lebih dari 10.000 liter). Kalo setahun jantung bisa memompa darah sekitar 3.650.000 liter. Subhanalloh lagi kerja jantung sedemikian luar biasa.
Peredaran darah manusia
Penampangan tol darah dlm tubuh manusia. Luar biasa bukan?

Sedangkan untuk jalur peredaran darah yang dipompa oleh jantung terbagi atas dua bagian, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
Peredaran kecil adalah peredaran darah dari jantung yang menuju ke paru – paru dan kembali ke jantung. Sedangkan peredaran darah besar adalah dari jantung ke seluruh bagian tubuh dari kepala sampai dengan kaki. Siapa yang menciptakan kesempurnaan atas peredaran besar dan kecil ini? Hanya Dia lah yang mampu mendesain kesempurnaan dalam tubuh manusia. Subhanalloh.

Sedangkan gambaran peredaran darah besar, jika kita melihat pada tubuh kita terdapat pembuluh darah berwana hijau. Itulah peredaran darah besar. Pipa lunak berwana hijau ini membawa darah dari seluruh bagian tubuh kembali ke jantung. Bagaimana dengan pipa pembawa darah oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, jika kita lihat urat berwarna merah terletak di posisi lebih dalam (biasa terlihat di pipi) itulah pipa pembuluh arteri pembawa darah segar. Jika terpotong darah akan mengalir deras karena tekanan jantung.

Pergantian O2 dan CO2 di paru paru
Subhanalloh, yg bginian yg keren bgt!!

Lebih detail lagi gambaran peristiwa difusi darah di paru – paru. Allohu Akbar. Saluran peredaran darah dipisahkan oleh selaput tipis dimana selaput tersebut menjadi sekat antara pipa darah dengan kantong bronkeolus. Karbon dioksida dilepas di bronkeolus (kantong terkecil di paru2) dan digantikan dengan oksigen untuk dibawa kembali kejantung yang kemudian oksigen diteruskan beredar ke seluruh tubuh. Salah satu perpaduan contoh ilmu kimia dan fisika pada tubuh manusia. Ilmu Alloh jelas terukir pada setiap ciptaanNya. Allohu Akbar.
Jantung selalu istiqomah menunaikan tugasnya tanpa pernah berhenti sampai suatu waktu nanti. Maknai yang dapat kita ambil atas kerja jantung adalah rasa syukur atas mahakarya sempurna dari penciptaan organ ini. Masih banyak yang bisa kita bahas atas kesempurnaan kerja tubuh manusia yg bekerja dengan kerasnya setiap hari tanpa pernah kita sadari. Sekalinya kita tersadar atas segala karunia dan kesempurnaan kerja organ tubuh maka tidak ada kata lain bahwa hanya rasa syukur alhamdulillah yang layak kita haturkan kepada Alloh swt.
Semoga kita termasuk orang – orang yang tidak lupa akan syukur dan bukan termasuk pada orang – orang kufur yang lalai akan kasih sayang Alloh swt. Masih banyak contoh maha karya agung atas kuasa Illahi yang bisa kita ambil pelajaran darinya. Next insyaAlloh bisa kita paparkan…
Subhanallah Walhamdulillah Wala Ila Ha Illallahuallahuakbar Laa Haula Wala Quwwata Illabillahilaliyil Adhim”
sumber gambar ::
http://tausyah.wordpress.com
http://www.ruangilmu.com
http://arfianhamzah.blogspot.com
Hanya Alloh yang mampu menciptakan segala sesuatu dengan sedemikian rupa dan sempurna.

Comment here