Bismillahirrahmanirrahim,

Sekali lagi hikmah Fadlil dapetin dari mengikuti perjalanan dakwah beliau Habib Novel Muhammad Alaydrus untuk kesekian kalinya. Untuk malam ini kami menuju ke kota Probolinggo Jawa Timur.

Dengan mengendarai mobil Civic 2012 lanjutan dari cerita nyervis saya sebelumnya di Surabaya. Sekali lagi Fadlil dibenerin pemikirannya sama sang Habib.

Berawal dari saya cerita : ini mobil boros beud bib.. 1 Liter : 8 km, paling ngirit 1 Liter : 11 km. Walopun mobil ini impian saya di taun 2000 an tapi kalo seboros ini saya ga kuat ngasih bensinnya mending pilih mobil yang lain yang lebih ngirit.

Tanggepan beliau kurang lebih, bukan persis perkataan beliau :

Siapa kamu merasa bisa dan mampu atas segala sesuatu dalam hidup ini. Kenapa nda mikir Allah yang memampukan kamu untuk menjalankan mobil ini. Dan memang sebenarnya memang begtu. Kita tidak memiliki kemampuan apapun tanpa ijin Allah. Jangan merasa bisa, jangan merasa mampu kepada dirimu sendiri. Itulah kesalahan dan kesyirikan kecil dari pemikiran mu Fadlil.

Jangan berpikir membatasi kekuasaan Allah karena keterbatasan mu. Makhluk sangat tidak bisa apa apa. Tapi Allah sangat bisa berbuat apapun. Pikiran adalah doa mu. Gunakan Allah. Ingat Allah. Minta sama Allah.

Karena itu niatkan segala sesuatu untuk kebaikan di jalan Allah. InsyaAllah semua urusan minta agar dimudahkan oleh Allah. Kita menjalani berupaya dan selalu berdoa minta kepada Allah agar dimampukan.

~::~

Alhamdulillah siap Habib.. maturnuwun sudah mengkoreksi hati dan pemikiran saya. Mohon maaf ya Allah, semoga Engkau selalu bimbing saya untuk selalu menyandarkan diri hanya kepada Mu. aamiin.

Allahuma sholi ‘ala sayyidina Muhammad saw.

Nov 2018

Comment here