Keindahan Muhammad Akhlak Rasulullah
Sesungguhnya engkau akan bersama dengan orang orang yang engkau cintai
Bismillahirrahmanirrahim,,
Sebuah hadits yang sangat menggembirakan para Sahabat Rasulullah saw adalah pada saat Rasulullah saw menyampaikan sebuah hadits “Sesungguhnya engkau akan bersama dengan orang orang yang engkau cintai“.
Apakah orang yang dicintai para sahabat hanya sebatas keluarga? Bukan!! Tapi yang paling membuat para sahabat sangat bergembira tidak lain karena mereka cinta kepada kekasih Allah, yaitu Muhammad saw dan seluruh keluarga orang alim soleh akan selalu diajarkan agar mencintai Rasulullah Muhammad saw, sehingga insyaAllah kelak mereka dapat berkumpul bersama sama dengan baginda sayyidina Muhammad saw.
Singkat cerita tentang hadits diatas :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ « وَمَا أَعْدَدْتَ لِلسَّاعَةِ ». قَالَ حُبَّ اللَّهِ وَرَسُولِهِ قَالَ « فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ ». قَالَ أَنَسٌ فَمَا فَرِحْنَا بَعْدَ الإِسْلاَمِ فَرَحًا أَشَدَّ مِنْ قَوْلِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- « فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ ». قَالَ أَنَسٌ فَأَنَا أُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ فَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ مَعَهُمْ وَإِنْ لَمْ أَعْمَلْ بِأَعْمَالِهِمْ.

Artinya: “Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bercerita: “Pernah seorang lelaki datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu dia bertanya: “Wahai Rasulullah, kapan hari kiamat?”, beliau bersabda: “Apa yang kamu telah siapkan untuk hari kiamat”, orang tersebut menjawab: “Rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya”, beliau saw bersabda: “Sesungguhnya kamu akan dikumpulkan bersama yang engkau cintai”, Anas berkata: “Kami tidak pernah gembira setelah masuk Islam lebih gembira disebabkan sabda nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam “Sesungguhnya kamu bersama yang engkau cintai, maka aku mencintai Allah, Rasul-Nya, Abu Bakar dan Umar, dan berharap aku bersama mereka meskipun aku tidak beramal seperti amalan mereka.” HR. Muslim.

Rasulullah saw tidak bertanya, punya amalan pahala apa engkau berani bertanya kapan kiamat tiba, namun dengan indahnya Rasulullah saw menyampaikan bahwa engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.. karena itu tepatlah kita memilih siapakah orang yang harus kita cintai.
Sadarkah kita betapa bernilainya dapat berjumpa dan berkumpul bersama dengan Rasulullah Muhammad saw, merasakan bahwa kita dicintai oleh baginda Rasulullah Muhammad saw ?

Rasulullah saw kekasih Allah, artinya jika kita bersama Rasulullah saw maka insyaAllah kita berkumpul bersama orang orang yang mendapat ridha dan dikasihi Allah swt. Tujuan hidup apa lagi yang terindah selain bersama orang orang tersebut, orang yang mendapat ridha Allah swt.
Jalan Mahabbah, adalah cara cepat mendapatkan keridhaan Allah melalui jalan cinta. Cinta kepada Allah, cinta kepada Rasulullah saw, cinta kepada keluarga dan penerus keturunan baginda Muhammad saw, cinta kepada para sahabat Rasulullah, cinta kepada para penerus keilmuan Rasulullah saw, cinta kepada para pewaris Nabi Muhammad – Ulama.

Cintai ulama pada masa kita karena beliau para ulama lah penerus dakwah Rasulullah saw. Cari ulama yang selalu memperkenalkan kita kepada baginda sayyidina Muhammad saw, ulama yang menyampaikan ajaran cinta kasih sebagaimana Rasullah saw, tegas terhadap hal hal yang dibenci oleh Rasulullah saw.
Allahuma sholi ‘ala sayyidina Muhammad saw.
Artikel terkait dengan Rasulullah saw :
Assalamualaika ya Rasulullah Assalamualaika ya HabibAllah
Cinta Rasulullah saw kepada Umatnya di Thaif
Andai Engkau Tahu Begitu Sayangnya Rasulullah Kepada Umat Manusia

Comment here