LowSelfEsteem1
bismillahirrahmanirrahim
Dua hari dua malam kemarin my partner in crime lagi jadi gegana ( gelisah galau merana ). Usut punya usut ternyata doi sedang merasakan suatu perasaan yang luar biasa. Luar biasanya nyesek tapi… (-_-“).
Rasa “minder” kalo orang jawa bilang, rendah diri dalam kalo bahasa kolosal..
Well,, menurut saya, umumnya penyebab rasa rendah diri adalah hasil olah pikiran yang mengatakan jika dirinya memiliki kekurangan. Apapun kekurangan itu. Dan sebaliknya, merasakan kelebihan orang lain yang tidak bisa kita raih sehingga muncullah rasa rendah diri gitu deh kira2.. zzzzzzzz *sotoy.
So mo ngomong apa kau ni fadlil ? I’m talking ’bout point of view berooh.. *cekidot..
Point of view adalah trending topik saya minggu ini. Cara pandangan akan menentukan apapun respon yang sedang kita hadapi. Begini cara pandang saya tentang rendah diri sbb :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS: Al-Hujuraat Ayat: 13)

~ :: ~

Dari Jabir radiyallahu ‘anhu; Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا، وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَيَّ وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ الثَّرْثَارُونَ وَالمُتَشَدِّقُونَ وَالمُتَفَيْهِقُونَ» [سنن الترمذي: صحيح]

Sesungguhnya yang paling aku cintai dari kalian dan yang paling dekat tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang paling mulia akhlaknya, dan yang paling aku benci dari kalian dan yan paling jauh tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang banyak bicara, angkuh dalam berbicara, dan sombong. [Sunan Tirmidzi: Sahih]

~ :: ~

Paling dekat dengan aku kedudukannya pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baik kamu ialah yang paling baik terhadap keluarganya”. (HR. Ar-Ridha)

~ :: ~

Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan majelisku pada Hari Kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebaliknya, orang yang aku benci dan paling jauh dari diriku adalah orang yang terlalu banyak bicara (tidak bermanfaat) dan sombong.” (HR at-Tirmidzi).

~ :: ~

Rasulullah SAW pun menyebut Muslim yang berakhlak mulia sebagai manusia terbaik. Beliau bersabda, “Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya.”
(HR al-Bukhari dan Muslim).

Langsung speachless sayaaa,, kenapa ?

Mengapa kita sibuk berpikir mencari kedudukan disisi manusia sedangkan kita sudah memiliki kedudukan sendiri disisi Allah dan menjadi jamaah ya sayyidi duhai Rasulullah Muhammad saw,, *aamiiiin aamiinnn aaamiiiinnnn ( doa saya ini, tolong diaminkan )
*kedudukan sesuai ketakwaan masing2 loo yaa..

piss

Begini konsep pemikiran saya ::

Apapun yang engkau miliki adalah pemberian Allah, kamu sendiri adalah milik Allah, saya ini miliknya Allah. Apapun yang saya miliki adalah milik Allah. Apapun yang orang lain miliki juga milik Allah. Segala hal yang kita miliki ini adalah ciptaan dan pemberian Allah swt. Jika semua hal di dunia ini adalah milik Allah, maka apa yang layak kita sombongkan ?? Nothing broh,,

Begitu juga sebaliknya. Jika kita tidak memiliki apapun di dunia maka apa yang bisa kita rendahkan. Semua yang kita miliki ini adalah milik Allah dan pemberian Allah. Bukan rasa rendah diri yang sepatutnya kita rasakan. Tapi syukur. hzzhzhzhzzz… mari kita olah cara pandang kita kawan..

Rendah diri yang sangat mungkin (jika bisa kita sadari) semestinya hanyalah kepada Allah. Karena kita tidak memiliki apapun selain apa yang telah Allah berikan untuk kita. Sebaliknya juga, kesombongan kita miliki sangatlah tidak pantas, karena yang paling berhak sombong terhadap segala sesuatu di dunia ini hanyalah Allah swt.

weell,, sudahan yaa,, kalo kepanjangan nda malah gagal fokus ilang hikmahnya hehehe.. intinya please dech tolong jangan sampe rendah diri karena masing masing dari kita diciptakan oleh Allah dan memiliki harga diri masing masing di sisi Allah,, dan memiliki kedudukan masing masing bersama Rasulullah Muhammad saw. Aamiiiinn…

wallahu a’lam bissawab.

اللهم صل و سلم على سيدنا محمد على آله و صحبه اجمعين

Comment here