بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي

Muehehe,, saya seneng sama judul nya. Apa sebab dibalik postingan ini?? Pada suatu hari jalan menuju mejid At Tsamaniah, saye ngeliat ini pohon cabe numbuh nangkring di atas pager di salah satu rumah warga.

cabe-numbuh-tembok
Cabe numbuh di tembok

Jadi ini pohon cabe spesial numbuh diatas pager, akarnya nyengkrem di atas pager, ni pohon cabe sumber makanannya semen ama batako. Ajeebnya ini pohon cabe numbuh subur, berbuah lagi itu cabe cabean ijo imut imut.

Trus, ketemu Tuhannya sebelah mana mas fadlil??

— sabaarrr  ~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~

Ehmm,, pas ngeliat ni poon cabe,, saya yang ga doyan pedes ini kepikiran. Ajaib-nya itu pohon cabe nangkring makan semen tapi bisa berbuah cabe yang pedes. Itu pohon cabe buahnya cabe,, Cabe yg pedes, tapi saripatinya dari tembok wicis semen!!! Cabe imut nan pedas, diatas pager.. ajaib..

Next episod,, pohon sayuran depan rumah lagi pada berbuah,, pohonnya rimbun, buahnya terong ungu,, dibelakang pohon terong ada taneman tomat,, tumbuhnya buah tomat ijo,, masih pada muda soalnya.. Segerr liat sayur mayur beginian di depan rumah…

Terongnya abis dipanen (@~_@~)
Terongnya abis dipanen (@~_@~)

Soooo what mas  ??
terasering sawah
Bukit penuh tanaman & sayuran

Waiit,, Pemikiran saye melebar sampai kemana mana, di sawah itu ada berbagai taneman dari padi jagung kacang wortel kubis bawang brokoli kacang panjang daaannn buanyak lagi,, itu taneman di tanam di tanah yang sama tapi buah hasilnya bisa beda2.. *kalo ditanem tomat keluar pisang ini malah ngeri hahaha..
sayuranMaksudnya itu satu kotak tanah tapi ko bisa menghasilkan berbagai macam rupa makanan yang macem macem baik untuk tubuh kita.. Ajaib yaa kan??

Mas fadlil, ketemu Tuhannya sebelah mana tooo malah cerita pohon sayur en buahnya??

Hehehe,, maaaaaff,, sedikit lagi intronyaaa yaa!! Apa rasa kalau kita makan tanah??

anak makan tanahWaattaa question is daatt ??

Kalau orang makan tanah malah sakit perut kali ya.. nda kenyang.. apa lagi??? cacingan.. apa lagi?? tanah ga bisa dimakan langsung?? ya gak??

zzzz,,, manusia ko makan tanah.. aya” wae..

Begini lho kawan,, pas saya liat poon cabe itu saya jadi keinget satu surat tentang Allah yang menumbuhkan berbagai tanaman dan buah buahan sebagai rizki bagi kita manusia :

An Nahl Ayat 11 :

an nahl 11

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. QS. An Nahl ayat 11.

~ :: ~

Ini lhoo, mengapa dari pohon cabe kita bisa ketemu Tuhan,, Karena dengan pohon cabe ini kita langsung ingat dan bersyukur karena segala tumbuh tumbuhan sayur sayuran dapat tumbuh subur di negeri ini sehingga kita dapat makan dengan nikmat. Tanah  nda akan bisa kita makan langsung, tanah tidak dapat diolah oleh tubuh jika dikonsumsi langsung. Tapi dengan perantara tumbuh tumbuhan maka masya Allah, dunia ini memang diciptakan untuk manusia.

Bisakah kita menciptakan tumbuhan? mampukah kita menghidupkan tumbuhan atau tanaman. Bisakah kita menumbuhkan tanaman sehingga dapat bermanfaat menjadi bagi kita manusia?

An Naml 60

Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).
(QS: An-Naml Ayat: 60)

~ :: ~

Kita tidak akan mampu menyerupai keAgungan Allah seperti menumbuhkan tanaman. Kecuali tanaman tersebut tumbuh atas ketentuan Allah, dari biji ditanam muncul kecambah menjadi semakin besar dan kemudian berbuah yang buahnya dapat kita nikmati.

Bukan tanah yang kita nikmati langsung, tapi tanah dapat kita nikmati dari tanaman yang telah mengola saripati tanah yang bermanfaat bagi tubuh kita, melalui hasil pengolahan oleh tanaman.

masih belom ketemu Tuhan mas ( ・◇・)?  

Hadegh,,, gini loooch benih tanaman kan berasal dari buah yang tumbuh sebelumnya. Emaknya benih istilahnya… Emaknya benih berasal dari benih emaknya lagi,, embahnya benih berasal dari embahnya lagi teruussss begitu seterusnya sampai sejak awal diciptakan.

kecambah

Maksud saya jika kita berpikir mampu menumbuhkan tanaman dari benihnya maka pertanyaannya adalah darimana asal benih tanaman itu. Mampukan kita membuat tanaman selain dari tanaman??
Jika jawaban adalah TIDAK BISA, maka benturkan pemikiran kita yang penuh kesombongan ini akan adanya zat Allah Al Badii’ ( البديع ) Yang Maha Pencipta Yang Tiada Bandingannya.

Allah Al Malikul Mulk Penguasa alam semesta mewujudkan sifat Al Karim Nya memberikan kemurahan Nya kepada kita manusia ciptaan dengan menumbuhkan pohon cabe yang pedes dan dapat kita nikmati pada saat makan.

Tumbuhnya pohon cabe ini adalah satu gambaran kekuasaan Allah Al Muqtadir ( المقتدر ) yang dapat kita ambil pelajaran dan hikmah dibalik sambel di atas meja makan.

Karena itu pada QS An Nahl ayat 11 Allah sedikit sindir kebodohan kita dengan kalimat :: Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Sudahkah kita berpikir atas luar biasanya penciptaan alam semesta, yang semua penciptaan itu selalu berujung kepada kekuasaan Allah swt.

سُبْحَانَ اللّهِ ، والْحَمْدُللّهِ

Subhanallah walhamdulillah..

ooooohhh gicu tooooh masss,, olreit mas olreit.. little understen wat ur tolking abot..
Huplfaaaaa,,, beberapa surat lain tentang buah, tanaman dan sayuran… ajib polll..  (ノ‥)ノ
Quran Surat Al Baqarah ayat 22.
al baqarah 22

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. Al Baqarah 22 )

Quran Surat Ibrahim 32.

ibrahim 32

Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. ( QS Ibrahim 32 )

 
Quran Surat Al An’aam 99QS Al Anam 99
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. ( QS Al An’aam 99 )

~ :: ~

سُبْحَانَ اللّهِ ، والْحَمْدُللّهِ ، وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ ، وَ اللّهُ اَكْبَرُ ، وَ لا حَوْلَ وَ لا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّهِ

Semoga Allah senantiasa berkenan menunjukkan kuasaNya kepada kita sehingga tidak pernah kita untuk memuji mentasbihkan asma Allah.. Aamiin..

  1. Assalamu’alaikum…ana juga mengalami hal yg sama gan…jd inspirasi buat ana.karna ana sebagai seniman.melihat hal itu(pohon tumbuh ditempat Tdk wajar) sebagai motivasi buat ana sendiri..karna Alloh subhanahu wata’ala memberi kan rezekinya kepada siapapun,ditempat apapun.

Comment here