بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Alhamdulillah,, berikut hikmah yang kami dapatkan saat ini dari tausiah tausiah para alim ulama, dari melihat perilaku para guru guru dan ustadz yang kami temui.
I’am nothing, ini yang saya lihat dari para ulama yang saya temui. Begitu tawadhu’nya beliau beliau orang mulia ini sebagaimana tertulis dalam QS. Al Mujaadilah 11 :

QS. Al Mujaadilah 11
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah 11)

Bagi mereka, tidak perlu kita yang memuliakan para orang orang mulia ini, cukup Allah. Dan mereka tahu akan hal itu. Tidak penting apa pandangan manusia kepada dirinya kecuali yang menjadi perhatian adalah pandangan Allah kepadanya. Mereka paham akan hal itu. Jika Allah memuliakan mereka, mengapa kita tidak ???
Muhasabah mereka yang selalu mengatakan : “Saya ini adalah seorang pendosa yang tidak lebih baik daripada kalian”. Bagaimana dengan maqom (derajat) kita yang sering merasa tidak memiliki dosa ini.. *hadeegh.. T__T . Bagaimana maqom mereka yang selalu merasa tidak lebih baik daripada kita sehingga tidak merasa perlu untuk diistimewakan?
Semoga kita dapat meneladani mereka para alim ulama dan semoga sifat tersebut terciprat kepada kita jamaah yang tawadhu terhadap mereka.
aamiin,, aamiiin,, amiiinnn ya Rob ‘alamin..
bibe2gus rochimbib ahmad 2 bib ahmad bib husein habibjindan mustofa

Comment here