nyamuk kekenyangan
nyamuk kekenyangan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي
Luar biasa ketika sudut pandang atau pemikiran memberikan hikmah yang cakep dari lingkungan di sekitar kita.
Kali ini ogut pengen gosipin si nyamuk, karena ternyata nyamuk yang super duper menyebalkan ini telah disebutkan dalam Al Quran yang mulia.
Whaattaaaa… pasti ada keistimewaan dibaliknya… nyusss…
Tanpa pernah kita sadari, banyaknya nyamuk yang ada di sekeliling kita ini adalah salah satu cara Allah dalam mengingatkan kita agar selalu bertasbih mengagungkan asma Allah Subhanahu wa ta’ala.. laa koq bisa??
*berikut insipirasi nyuss yang saya dapatkan dari harunyahya.com pada buku yang membahas tentang hewan hewan yang disebutkan dalam al Quran… nyusss.. cekidot..

Ada yang pernah tahu alur pada gambar berikut? Yang dulu hobi IPA waktu SD pasti apal..
Mekanisme pembekuan darah super woow
Mekanisme pembekuan darah yg super woow

Salah satu kecanggihan tubuh manusia adalah pada saat kulit terluka. Darah yang terkena udara luar otomatis akan melakukan pembekuan darah agar luka tertutup sehingga darah tidak tumpah semirip pipa / kran bocor… Whhoooowww.. *ajib bin maknyus darah..
Adakah satu saja dari kita ini yang menyadari atau memiliki kemampuan khusus untuk mengkontrol proses otomatisasi pembekuan darah??
Dokter atau palang merah pasti ada trik khusus untuk mencegah pembekuan darah.. Penderita sakit gula darah sedikit memiliki vitamin K sehingga darahnya sulit membeku <= yg ini agak sotoy..
Tapi orang awam macam saya ini pastinya nda mudeng gimana caranya prosesi detail pembekuan darah dan bagaimana cara mencegahnya..

Tapi tahukah Anda ternyata bintang gosip kita kali ini nyamuk sangatlah mengerti tentang proses pembekuan darah di tubuh manusia..

Saat nyamuk menggergaji kulit manusia untuk menghisap darah. Nyamuk membuat celah diantara kulit menjadikan darah terkontaminasi udara. Jika darah terkontaminasi udara, maka proses pembekuan darah seperti pada gambar otomatis terjadi. Sehingga proses alami darah akan membeku. Tapi karena kepentingan si nyamuk untuk menghisap darah, maka nyamuk segera mengeluarkan enzim agar darah tidak segera  beku. Namun efeknya enzim inilah yang sering menyebabkan kulit menjadi gatal dan bentol, meradang karena adanya zat asing yang masuk ke dalam kulit.

gambaran pembekuan darah
gambaran pembekuan darah

So, apa yang ajibs dari semua ini adalah…
Si nyamuk yg super duper kecil itu ternyata memiliki pengetahuan yang lebih daripada kita pada masalah proses kimiawi saat pembekuan darah.

Pertanyaannya adalah siapa yang memberikan kemampuan si nyamuk untuk menghentikan proses kimiawi pembekuan darah pada manusia tersebut? Gurunya nyamuk kah? Emaknya si nyamuk kah?? Ilmuwan nyamuk kah??
Padahal nyamuk dan manusia adalah dua ciptaan yang terpisah secara fisik. Lha kok nyamuk bisa tauu?

Asik ya.. pasti ada something diantara nyamuk dan manusia… pasti ada penghubung antara proses penciptaan manusia dengan proses penciptaan nyamuk. Saya sangat yakin, pasti ada suatu pengetahuan yang nyiprat pada saat proses penciptaan manusia, dimana cipratannya mengenai nyamuk sehingga nyamuk memiliki kepandaian dalam dirinya untuk menciptakan enzim anti pembekuan darah pada manusia. Wooow.. teplok si nyamukk dulu…
1681369_nyamuk1qi9Kejadian sederhana sehari hari seperti ini mau tidak mau memaksa pikiran akal logis kita akan tunduk mengakui adanya Allah Sang maestro pencipta alam semesta. Allah pencipta yang maha agung memberikan gambaran nyata kepada kita dari peristiwa sederhana ini yaitu “digigit nyamuk” dimana dua makhluk terpisah namun saling terkait, yang kemudian setelah kita pelajari lebih dalam akan menunjukkan kebesaran Allah swt. Subhanallah,, masyaAllah..
Karena itu nyok sama sama kita agungkan asma Allah yang maha sempurna setelah kita menyaksikan betapa luar biasanya ciptaan ciptaan Allah di alam semesta ini..
Kedepan masih banyak lagi pembahasan dimana otak logis manusia benar benar dipaksa agar tunduk saat melihat kesempurnaan ciptaan Allah di lingkungan sekitar kita yang dapat kita jamah ini. Hanya saja perlu pemikiran yang tepat untuk melihat jika Allah itu benar benar ada dengan segala kemaha besaranNya melalui ciptaan ciptaanNya yang sempurna. Subhanallah..

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?.” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.( QS Al Baqarah 26 )

Semoga kita termasuk orang yang diberikan petunjuk kepada ridha Allah swt.. amin..

~ :: ~

إِنَّ
sesungguhnya
ٱللَّهَ
Allah
لَا
tidak
يَسْتَحْىِۦٓ
segan
أَن
untuk
يَضْرِبَ
membuat
مَثَلًا
perumpamaan
مَّا
apa-apa
بَعُوضَةً
nyamuk
فَمَا
maka apa yang
فَوْقَهَا
lebih rendah
فَأَمَّا
maka adapun
ٱلَّذِينَ
orang-orang yang
ءَامَنُوا۟
beriman
فَيَعْلَمُونَ
maka mereka mengetahui
أَنَّهُ
bahwasanya ia
ٱلْحَقُّ
benar
مِن
dari
رَّبِّهِمْ
Tuhannya
وَأَمَّا
dan adapun
ٱلَّذِينَ
orang-orang yang
كَفَرُوا۟
(mereka) kafir
فَيَقُولُونَ
maka mereka berkata
مَاذَآ
apa yang
أَرَادَ
menghendaki
ٱللَّهُ
Allah
بِهَٰذَا
dengan ini
مَثَلًا
perumpamaan
يُضِلُّ
Dia menyesatkan
بِهِۦ
dengannya
كَثِيرًا
banyak
وَيَهْدِى
dan Dia memberi petunjuk
بِهِۦ
dengannya
كَثِيرًا
banyak
وَمَا
dan tidak
يُضِلُّ
Dia sesatkan
بِهِۦٓ
dengannya
إِلَّا
kecuali
ٱلْفَٰسِقِينَ
orang-orang fasik

 


inna allaaha laa yastahyii an yadhriba matsalan maa ba’uudhatan famaa fawqahaa fa-ammaa alladziina aamanuu faya’lamuuna annahualhaqqu min rabbihim wa-ammaa alladziina kafaruu fayaquuluuna maatsaa araada allaahu bihaadzaa matsalan yudhillu bihi katsiiran wayahdii bihi katsiiran wamaa yudhillu bihi illaa alfaasiqiina

  1. Meninggalkan jejak. good artikel

  2. Reblogged this on Cantik Munafik and commented:
    سبحان الله

  3. Uwwwooo….
    Subhanallah…….
    Baru terpikirkan oleh sayah… Hehe

Comment here