Original inspiration oleh al Mukarom Mamase Gus Kang Kyai Ustadz Iwan Santoso ::
*sakarepe aku nyebut gelar ,, karena sebutan diatas untuk orang orang yang mulia dan saya memuliakan beliaunya kakang mas Iwan.. kalo nda setuju lak sakarep mu..

~::~

imagesSeorang sufi besar abu sa’id ;suatu hari, abu sa’id di beritahu bhw ada seseorang bisa berjalan di atas air,ia menjawab,nggak aneh!,seekor katak atau nyamuk juga berjalan di atas air,kemudian ia di beritahu bhw ada seseorang yg bisa terbang,ia menjawab,nggak aneh seekor burung atau lalat bisa juga terbang,terakhir ia di beritahu ttg seseorang yg bisa pergi dari satu kota ke kota lain dlm sekejap mata,ia menjawab ;setan bisa pergi dari timur ke barat dalam satu tarikan nafas.
Kemudian beliau berkata ;kemampuan-kemampuan ini sama sekali tidak bernilai.seorang manusia sejati adalah orang yg bisa bergaul dgn orang banyak tapi tidak pernah lupa mengingat ALLAH barang sesaat pun.
Bedakan dgn penganut ilmu hikmah dan org yg mendalami tasawuf,justru org tasawuf itu syariatnya musti bener,dia harus memiliki sifat wara’ i wira’ ,salah satu contoh dalam soal apa yg masuk ke badannya  /perutnya kalo makanan tsb itu kehalalanya diragukan /syubhat seorang sufi yg betulan dia akan lebih baik menahan lapar daripada memakan sesuatu yg diragukan kehalalanya

Istilah tasawuf memang tidak di kenal pada masa Nabi SAW meski demikian, hakikat tasawuf tak lain adl hakikat Islam,dan keduanya tak dpt di pisahkan satu sama lain, salah satu sebab yg memunculkan kesalahpahaman masyarakat thd tasawuf adl munculnya berbagai aliran sufi gadungan (pseudosufism),yg mengingkari syariat dan membikin bikin aturan sendiri,seraya mengklaim punya otoritas agung yg historis dan tdk berakar pada pendahulu manapun,menurut Sufi besar ,Ali al Hujwiri,mereka bukanlah sufi(mutashowwif),melainkan sufi gadungan(mutaswifah).

Sayangnya,para penentang tasawuf seringkali mengaburkan perbedaan antara sufi dan sufi gadungan dlm penjelasan mereka mengenai tasawuf dgn tujuan utk merendahkan tasawuf .

Setelah masa Nabi SAW terjadi perkembangan yg sangat pesat dlm beberapa disiplin ilmu keislaman,sbg contoh pada masa Nabi SAW tdk ada kebutuhan utk mempelajari atau mengajarkan ilmu tata bahasa (nahwu),sekalipun kpd anak-anak. Di tempat kelahiran Islam,seorang anak yg tumbuh besar di hijaz dapat membaca teks bahasa arab tanpa di syakali. kemampuan mereka muncul secara alamiah bersamaan dg tumbuhnya pengetahuan mereka ttg hal itu,dan ketika islam telah menyebar ke berbagai wilayah dan ketika banyak org non arab yg memeluk islam muncul kebutuhan utk membantu kaum mualaf shg dpt membaca Qur’an dg benar.pada saat itulah berkembang ilmu tata bahasa,termasuk penetapan tanda baca.

berguruDalam bidang spiritual pun terjadi perkembangan serupa.di masa Nabi SAW,para sahabat telah mempraktekan sikap ihsan,zuhud,wara’ dan takwa,karena mereka hidup bersama Nabi SAW,memungkinkan mereka menyucikan batin mereka.karena alasan inilah mereka di sebut sahabat.
Setelah periode sahabat, muncul kebutuhan akan adanya lembaga pendidikan yg punya landasan kuat ,sebagaimana yg terjadi pada perkembangan ilmu nahwu,krn banyak org yg masuk islam namun tdk sempat bertemu Nabi SAW,atau para sahabat,dan tidak mengetahui jalan islam yg sebenarnya,karenanya perlu di bentuk suatu institusi utk mengembangkan pendidikan spiritual dgn tujuan agar umat Islam dpt mencapai kualitas batin yg utama,semua bahan metode dan bahan pelajaran ini di himpun dlm satu disiplin induk yg di sebut ilmu tasawuf(penyucian diri).
Penting di pahami bhw tasawuf bukan hal baru (bid’ah) dlm islam, melainkan suatu disiplin yg di ambil dari Nabi SAW dan para sahabat,dan yg akarnya tertanam kuat dlm ajaran islam tasawuf tidaklah seperti yg dikatakan musuh musuh islam,seperti kaum orientalis dan para pengikutnya,mereka membikin bikin banyak nama baru utk tasawuf dgn maksud menyerang ilmu ini dan keagungan ihsan-istilah yg di sebutkan Nabi SAW dalam hadistnya,salah satu upaya mereka adl menggunakan kata syawazah (tahayul) sbg padanan kata utk kata tasawuf ,MasyaALLAH
Mohon maaf krn saya nimbrung,maaf kan saya mas aji dan ustadz dimas,selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan………

~::~

Penyampaian yang ruuaarrr biasa Kangmas Gus Kyai Ustadz Iwan.. nuwun sanget.. indah sekali.. hah.. like this yooo.. ^_^

Comment here