brushing-teeth
Secara gosok gigi adalah hal yang super sepele nan weleh weleh..
Tapi ternyata saya sendiri sangat jarang menggosok gigi sebelum sholat..
Selanjutnya dari Gosok Gigi Kita Akan Nyambung Ke Hati.. *e-ciyeeehh.. *plakkk.. *abaikan..
Tetiba ingat dua cerita yang dibawakan dalam dongeng ceramah bib Novel Al Aydrus – SOLO yang menceritakan tentang seorang guru kyai ulama yang menyatakan kepada murid muridnya :
images (2)“Jika saya sudah keluar rumah untuk menunaikan panggilan adzan, tolong saya jangan disapa, jangan disalami, jangan disalimi karena pada saat saya keluar rumah itu saya sudah berniat menghadap kepada Allah ( solat maksud e)”
Sampe sebegitunya yak..
Bib Novel menyampaikan mengapa sampe begitu adalah karena si guru ini ingin menjaga ke khusuk-annya nanti ketika memimpin solat. Awal mulanya khusuknya sholat sang ulama tersebut dimulai jauh jauh sebelum solat itu ditunaikan. #hati dan #perbuatan
Cerita lain,, seorang alim berwudhu sambil nangis nangis,, selesai wudhu ditanya teman sebelah, ngapain lu wudhu pake nangis2 sang alim menceritakan bagaimana rasa keharuannya dalam hatinya karena pada saat wudhu beliau merasakan wudhu-nya ini untuk persiapan menghadap kepada Allah sebelum sholat.
images (3)Hatinya sudah merasakan akan menghadap kepada Allah sebelum solat yaitu pada saat wudhu. Alhamdulillahhhh,, syukur bahagia bahwa saya ini sebentar lagi diijinkan oleh Allah untuk menghadap dan menyembah Tuhan .  #hati
Kalu Pakdhe saya yg di bekasi pernah menyampaikan, khusuknya sholat subuh itu sudah dimulai saat menjelang tidur.. Sudah berdoa, ya Allah bangun kan saya untuk dapat menunaikan panggilan Mu diwaktu subuh.. eaaa.. lebih jauh jauh lagiiii persiapan khusuknya solat Subuh.. #perbuatan

~ :: ~

 
eh ternyata oh ternyata.. berbagai macam persiapan cara khusuk sholat diatas sudah pernah dicontohkan oleh kanjeng Nabi Muhammad saw. Niih salah satu caranya yang sudah ogut buktikan juga khasiatnya.. *efeknya ajiiibh..
Hadits ibnumajah 283
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ
Sekiranya tak akan memberatkan umatku maka akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan shalat. Ada banyak lagi hadits tentang bersiwak pada link berikut.

~::~

Beberapa waktu laluuu, pas terdengar adzan zuhur pas kelar gosok gigi.. secara hari minggu mandinya pan siang2..*abaikan..
Nah,, waktu itu saya mikir gosok gigi sebelum solat zuhur asik nih,, niat kecil dari tindakan kecil saya ini belum berdasarkan pengetahuan atas hadits diatas. Sekedar ngebatin akan lebih enak nafas saya saat solat jika mulut saya bersih dan wangi sebelum menghadap.
imagesPada saat itu ternyata posisi hati sudah menghadap kepada Allah, maaf walopun tempatnya di kamar mandi, tapi hati ini secara tidak sengaja sudah menghadap kepada Allah. Karena itu menghadapnya hati sebelum sholat ini kemudian berimbas kepada kegiatan2 yang positif sebelum sholat seperti gosok gigi, kemudian mengenakan pakaian yang bagus dan layak untuk menghadap kepada Allah, memakai wewangian, kopiah en pastinya trus ngacaaaaa.. *heleh..hehe..
Semua kegiatan tersebut sudah tersuarakan dalam hati,, ini dalam rangka persiapan untuk menghadap kepada Allah. Akhirnya pas saat sholat, alhmadulillah saya berasa lebih khusuk dibandingkan sholat yang tanpa diawali dengan upacara upacara ( persiapan ) seperti diatas..
akhir kataa, semoga saya bisa istikomah melakukan persiapan2 dan menghadapkan hati ini jauh sebelum sholat..  sukur2 hati ini selalu nyambung ngadep terus kepada Allah… ajib bin asik bener kalo sudah begini.. amiiin amiiin amiiin..

Comment here