kyaijawab.comMuehehe.. maap maap.. judulnya panjang nan asik asik gimana gitu.. Begini maksud saya…
Beberapa waktu yang lalu saye diskusi dengan teman saya berkaitan hal hal yang ada pada link berikut :
http://kyaijawab.com/index.php/posts/tahlilan
Iyes.. alkisah teman baik saya ini mengungkapkan bahwa hadits hadits yang ada pada web asuhan Habib Novel tersebut dhoif secara kekuatannya. Dhoif seperti kita tahu adalah hadits yang lemah kekuatannya, bahasan hadits dhoif lain waktu sajaa cukup panjang kalo dibahas.
Olrait, singkat cerita :: Uwogh, saya jadi bertanya apa ya bener haditsnya dhoif / lemah
kyaijawab.com
yang digunakan sebagai dasar penjelasan pada link diatas?? Saya jadi kepikiran…
mmmm beberapa waktu merindukan Sang Guru.. *ciyeeh… Ngarep2 biar beliau sang Gurunda nda lupa sama saya hahaha.. dan tetiba juga saya merindukan Sang Kyai yang sangat mungkin memiliki penjelasan mengenai hal ini. Karena itu saya pun galau kurang lebih semingguan.. *halah – halah.. hehehe..
Tetiba Selasa 4 Juni 2013 Sang Kyai ujug ujug menelepon saya:: “mamase sore ini pulang kantor jam berapa? nginep tempat saya.. utak atik in jejet saya untuk diinstall aplikasi2 quran dan peta…” ..
Iyesss… jingkrak jingkrak.. kesempatan bagusss untuk bertanya tentang hal diatas. Akhirnya saya dapat sowan nginep ke rumah Beliau di tanggal 6 Juni 2013 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Kanjeng Nabi Muhammad saw. Iyess.. ogut nanya seputar hukum2 hadits hadits pada web kyaijawab. Happy nya saya nginep tempat Kyai saya tulis di link ini.

IMG_20130606_233028
ssstttt… Kyai lagi memberi penjelasan..

Salah satu hadits yang saya tanyakan adalah hadits tentang membacakan surat Yasin kepada orang yang sudah meninggal. Tiga kitab dan satu buku catatan diambilkan untuk menjelaskan pertanyaan saya.. saya di-private kitab kitab ulama besar jaman dahulu oleh Sang Kyai.
Subhanallah wal hamdulillah.. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa hadits membacakan surat Yasin kepada orang meninggal haditsnya soheh.. tolong saya dikoreksi jika ada yang bisa baca kitab dibawah ini.. secara basa arab full…
IMG_20130606_233356
tertulis beberapa hadits, pada kitab ditulis jelas hukumnya dhoif tapi lihat ada satu yang sahih | *itu telunjuknya Kyai
(haha.. abaikan mslh tlunjuk )

Dan ini penjelasan penjelasan atas hadits diatas yg sudah ditulis oleh ulama ahli hadits terdahulu.
IMG_20130606_233756
penjelasan hadits tentang membacakan surat Yasin kepada orang meninggal

Kitab ini ditulis oleh
IMG_20130606_235840
hayoo kitabnya siapa inii..
*lupa nyatet

Tidak selesai disini.. Diskusi dengan beberapa alim berkaitan dengan hadits hadits dhoif. Banyak dari beliau beliau ini mengatakan hadits dhoif itu bukan hadits palsu lho mas.. hadits itu lemah, untuk digunakan jadi dasar aqidah dan hukum syariat gitu sangat nda boleh, tapi untuk amalan atau muamalah kebaikan dan tidak menyimpang dari syariat masih diperbolehkan… ( masalah khilafiyah )
Uwow..
Subhanallah Walhamdulillah..

~ sekelumit perjalanan berusaha menggapai ridha Allah ~

~ melalui Kanjeng Nabi Muhammad saw ~

~ melalui guru : Ulama, Kyai, Ustadz ~

~ melalui Ahlul Bait Rasulullah ~

~ melalui amal ibadah wajib ::
yg masi jauh dari sempurna ~

~ melalui sedekah ~

  1. Senang dengan pernyataan “hadits dhoif itu bukan hadits palsu lho mas.. hadits itu lemah, untuk digunakan jadi dasar aqidah dan hukum syariat gitu sangat nda boleh, tapi untuk amalan atau muamalah kebaikan dan tidak menyimpang dari syariat masih diperbolehkan… ( masalah khilafiyah )” tambahan dr aku, malah nambah pahala, krn setiap membaca 1 huruf saja sudah mendapat kebaikan tow mas… apalagi baca satu surat yassin,, woooww bgt deh pahalanya.. 🙂

  2. Subhanallaah… seneng yaa punya guru pribadi.. pengin sekali rasanya seperti itu…:)

  3. makasih info kamu bisa membuat umat lebih paham …

  4. ALLAH HUAKBAR AHLISUNNAH WAL JAMAAH

  5. Bagus bib 🙂
    Tapi kalo dibuka di BB kok nggak bisa ya … ?? 🙁

  6. yang harus diketahui jika ada banyak hadist doif banyak beda2 sanad dan doif semua..karena ada banyak malah semua jadi sahih…contoh kasus Nabi Muhammad saw pergi kekumpulan petani lalu memberikan Ilmunya…ada 5 orang ini mewariskan kepada anak2nya..dan semua ini adalah hadist doif karena yang meriwayatkan bukan orang sholeh yang zuhud, bahkan jika ketahuan jajan dipasar saja itu hadistnya tidak bisa disahihkan…jadi hadist ini asli tapi dhoif..tapi karena ada banyak yang meriwayatkan hasilnya jadi sahih semua, karena ada 5 jalur berbeda sanad hadistnya.

    • saya tidak menentang pendapat tentang mengamalkan hadits dhaif.
      Masing masing dari kita memiliki pendapat dan pandangannya sendiri berdasar dari pengetahuan kita masing masing atas pembelajaran kepada ulama.
      Sedangkan saat ini ulama juga memiliki pandangan masing masing dalam mengamalkan hadits dhaif, jadi menurut saya silahkan saja Anda memiliki pandangan yang mana untuk mengamalkan hadits dhaif ini.
      Dalam pandangan pribadi saya yang penting jangan fanatik dengan satu pandangan saja. Tidak lebih baik juga kita berselisih pandangan tentang hal ini kemudian malah merusak persaudaraan muslim.
      semoga Allah selalu meridhai kita semua..

    • Alhamdulillah.. jazakallah atas informasinya..
      Menurut ustad saya utk menghakimi dhoif dan tidaknya masih perlu dilihat siapa yg mensahihkan dan siapa yg mendhaifkan..
      Nah berkaitan masalah rumit macam ini lebih baik ustad dan ulama yg memutuskan. Awam macam saya lebih baik terima mateng dr beliau beliaunya hehe..
      Makasi sudah mampir pak..
      Susah ya belajar agama…

Comment here