Sebelum mulai, mari kita doakan ruh dari Ustadz Jefri Al Buchori yang semasa hidup telah memberikan manfaat kepada Muslim di Indonesia. Al Faatihah..
Beberapa hari ini beberapa teman di facebook banyak yang men-share link link dimana terdapat foto foto yang menggambarkan pohon atau lokasi dimana Uje kecelakaan dan makam tempat Uje bersemayam. Link tersebut berisi dakwah nasehat yang memang benar secara isinya namun saya tidak membenarkan seluruh link tersebut adalah tepat penggunaannya.
Salah satu contoh linknya adalah ini. Terlihat foto berikut :: Adakah yang tahu di hati para pendoa itu mereka berdoa kepada Allah untuk kebaikan ruh Uje atau mereka berdoa kepada pohon palem minta berkah??

Jamaah berdoa, mendoakan arwah Ustadz Jefri Al Buchori di tempat kecelakaan

Secara dakwah artikel itu cukup benar, yaitu tentang pohon yang ditebang karena diindikasikan akan berubah menjadi kesyirikan, tempat ngalap berkah. Sekarang kalopun skenario semua pohon sebaris di lokasi kecelakaan Uje dipotong, apa kira2 kemudian orang2 tidak berdatangan ke situ dan berdoa untuk ruh Uje? *ada yg bisa jawab? – perkiraan saya orang2 tetep akan datang –
Orang orang berdatangan ke lokasi kecelakaan bukan karena pohon palemnya itu, tapi karena kebaikan Uje semasa hidup menarik orang orang sehingga mereka berbuat baik mendoakan Uje. Sama sama orang baik kan antara Uje dan jamaah yang mendoakan itu.
Terang2an saya tidak suka dengan kata pembuka artikel pada link diatas yaitu ::

SALAH SATU BENTUK KEBODOHAN YANG NYATA!!!
YANG SEPERTI INILAH YANG HARUS KITA BASMI!!!

Kepada Anda Penulis dan Anda yang hobi men-share link diatas, jika di hati Anda ada perasaan :: “Bapak / Ibu di foto dan seluruh jamaah yang mendoakan ruh Uje di lokasi itu telah berbuat syirik dan bodoh” maka dalam pandangan saya Anda semua telah Suudzon kepada sesama muslim dan sudah memfitnah mereka dengan men-share dalam rasa suudzon.
Ndak perlu lah saya tampilkan hukum atau hadist tentang Takziah atau hukum larangan tentang suudzon atau apalagi hukum tentang fitnah. Googling aja seabrek dapatnya…
Apa yang seharusnya kita lakukan adalah berulang kali berdakwah dan selalu mengingatkan kepada seluruh Muslim agar tidak meng-keramat-kan benda benda. Kalau perlu di kasih papan di tempat kecelakaan Uje atau di makam Uje itu..

TIAP TIAP YANG BERJIWA AKAN MERASAKAN MATI
( QS. ‘Ali `Imran [3] : 185 || QS. Al-‘Anbya’ [21] : 35 || QS. Al-`Ankabut [29] : 57 )

MOHON DOAKAN RUH UST. JEFRI AL BUCHORI,
SEMOGA ALLAH MENERIMA AMAL DAN
MENGHAPUSKAN DOSA BELIAU, Amiiin.

Papan ini dimaksudkan agar orang tidak lupa tujuan mereka datang ke lokasi adalah mendoakan Uje, dan hikmah yang mereka dapatkan adalah mengingat kematian.

DAN ANDA SEKALIAN PARA PENDAKWAH YANG MULIA, MOHON JANGAN BERDAKWAH DENGAN TERLEBIH DAHULU MENGHUJAT & MENJELEKKAN JAMAAH YANG INGIN ANDA DAKWAHI!!!!!

Doakan seluruh Muslim yang menurut Anda menyimpang semoga Allah selalu memberikan petunjukNya untuk kita dan Anda, karena sapa tau ternyata malah kita yang menyimpang.. Jangan merasa paling benar, Allah yang berhak menghakimi Anda dan Saya nanti.

NDAK PERLU SALING MENG-GOBLOK GOBLOK-KAN!!!

~ :: ~

dakwah itu dg cara yg damai,, 
dakwah itu dg cara lembut,, 
dakwah itu dg cara sopan,,
dakwah itu tidak dg menjatuhkan satu dg yg lain,, 
dakwah itu tidak dg menjelekkan satu dg yg lain,, 
dakwah itu tidak dg menyakiti yg di dakwahi,,
dakwah itu tidak mengejek,,

dakwah yg sukses itu dakwah yg Allah berikan ridha kepada yg berdakwah dan hidayah kepada yg mendengarkan..

mari sampaikan dakwah dg santun,, T_T

  1. ada garis keras ada garis lembut jie, klo mau tebel pake 2B aja, dijamin bisa kebaca di mesin scan #lahhh

    • fadlilsangaji

      haha.. kita garis luruusssss sajaaa ya.. insyaAllah, minta tolong sama penggaris untuk bantu meluruskan.. *aseeekkk…

  2. apaan sihh??? artikel ga penting banget!! fokus aja untuk jadi orang yg berguna bagi keluarga,saudara dan tetangga. ga usah jauh jauh coy mikirnya.

Comment here