Serius diskusi ttg bidah ni pemirsaa
Unyil & Pa Raden ngobrol tentang bidah

ChitChat antara si Pa Raden sama si Unyil tentang Bidah. Kita tengok ni bakal jadi debat kusir apa debat kuda..
ato apakah semua bisa jalan sama sama menuju jogja yaaa…


Pa Raden bilang ::
Semua ibadah, hukum asalnya adalah haram…kecuali ada dalil (bisa dari Al-Quran atau hadist) yang menyuruhnya. Contoh kita sholat karena memang kita disuruh sholat.
Semua muamalah hukum asalnya adalah halal…kecuali ada dalil (bisa dari Al-Quran atau hadist) yang melarangnya. Contoh makan apapun halal, minum apapun halal…kecuali makanan atau minuman yang disebutkan terlarang dalam Al-Quran atau hadist.
Naik kapal/pesawat itu bukan ibadah, jadi hukumnya diperbolehkan alias halal.
Antara Al-Quran dan hadist tidak bisa dipisahkan karena tata-cara beribadah hanya bisa kita pelajari dari hadist. Contoh..dalam Al-Quran kita disuruh sholat, namun Al-Quran tidak secara detail menerangkan jumlah rakaat, rukun, dan waktu shalat sehingga kita merujuk ke hadist untuk bagaimana cara pelaksanaan shalat.
Bagi Pa Raden (safety player), mending cari amannya aja dengan hanya melakukan apa-apa yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah Sallallahu Alaihiwassallam. Toh itu sunnah alias kalau tidak dikerjakan kita nggak dosa.. Belum tentu kita bisa mencontoh semua-semua yang dilakukan oleh beliau, buat apa mengerjakan yang masih diperdebatkan, mending cari amannya tinggalkan saja toh kalau ternyata itu bukan bidah kita juga nggak dosa kalau tidak melakukannya.
~ : Unyil : ~
nanya::
salam Paaakkk Radeeennn,, apa kabar ??
mo nanya nii.. 3 pertanyaan ttg ibadah yg bidaaaahhhh !!
1. Klo medianya yg bidah bijimane Pak?? Quran duluuuuu itu kan dihafal,, kitab Al Quran yg kita baca skrng kan dulu ga-ada.. la baca quran dosa kah jadinya. ketika ngajinya hapalan baru de dapet pahala… how how how..
2. Trus khutbah jumat itu juga ga ada bahasa indonesia.. dengerin khutbah dosa dong Nyill.. kan lo semesjid jg ame gue.. lu di lantae 2 gue di lante 1.. sama2 kita dengerin tu cramah dosa bareng2 dong kita..
3. Sholat tarawih berjamaah 1 mejid duluuuu jaman nabi ga diajarkan.. jd apakah solat tarawih di tiap mejid yg jamaah itu dosaaaaa semuaaa… T_T ( dulu ajarannya kan ada jamaah tapi ga full 1 bulan – nabi takut shalat tarawih dianggap wajib saat ramadhan klo ga salah – solat deh sndiri sndiri.. baru di jaman khalifah Umar Bin Khatab kalo ga salah disatukan 1 mesjid solat tarawih jamaah dg imam yg hafal Quran :: “Ini adalah sebaik baiknya bidah”. Ucap Abu Bakr sang Khalifah pertama. )
btw jg hukumnya quran / hadist mengharamkan setiap ibadah apa yaa..
mohon penjelasannya jika setiap ibadah adalah haram dan bagaimana kita playing sapeti dg semua 3 ibadah diatas..
trims tengkyu haturnhun Nyilll.. semoga dapat pemahaman lebihhhh..
~ :Pa Raden: ~
Waalaikumsalam Nyil…afwan ilmu ana belum sampai kesitu (maklum lagi belajar) jadi mungkin nanti ada rekan-rekan yg lain yg bisa bantu jelaskan.
~ : Unyil : ~
Unyil cape de Pak bahas bidah-bidah-an mulu..
semua nge-claim yg paling bener..
memangnya sudah tau dan yakin siapa yg masuk surga-neraka yak..
luar biasa sekali itu yg bisa bantu Allah untuk menilai umat.. *apakah Allah butuh bantuan kita untuk menilai satu dg lainnya…
*wong ya sesama umat haus dg Ridha Allah eaaa ko pada ribet ini tho yha… Rahmad Allah itu sangat cukup dan berlebih untuk kita semua.. nda perlu si yak rebutan.. yakiiiinnnnnn suerrrr…*
Unyil yakin Unyil masuk surga..
Unyil yakin dapat bersama dengan Rasulullah saw, tidak hanya sekedar melihat tapi Unyil dapat mencium tangan Beliau saw,, *Allahuma shali ala sayyidina Muhammad saw..
Unyil yakin Ridha dan Rahmad Allah untuk Unyil sangat sangat sangat lebih besar daripada murka Allah..
*doaaa Unyil pribadi niii —
*Unyil mendoakan jg pa Raden sekeluarga, sodara, teman2, dan seluruh kumdan disini,, seluruh makhluk di dunia, di alam semesta.. semua masuk surgaaa bareng bareng sama Unyil… sama2 kita dapet Ridhanya Allah..
*yg bisa mengabulkan doa hanya Allah saja kan yak??
mari kita aminkan bareng2 yg mo masuk surga.. ndak perlu deh debat aneh2..
*yg nda mau masuk surga.. urusan sendiri lahhh… T_T
— emang ada ya yg nda mau masuk surga? tolong de ya jangan saling mendoakan sesama muslim masuk neraka..
ISLAM SATU..
Asyhadu Alla Ilaaha Illallah, wa asyhadu anna Muhammad Rasulullah…
~ : Pa Raden : ~
Itulah Nyil, ana sebagai orang awam nggak ngerjain yg masih jadi perdebatan kalau sekiranya ditinggalkan nggak berdosa..
Untuk 3 hal tadi yang ditanyakan diatas..
No. 1, apakah ada perdebatan mengenai boleh tidaknya baca quran..? jadi ana tidak tinggalkan..karena kalau ana tinggalkan justru malah dosa..
No. 2, sholat jumat wajib kan? jadi ana nggak tinggalkan juga walaupun pake bahasa kita karena dosa kalau nggak solat jumat..
No. 3, sholat tarawih berjamaah sudah ada sejak jaman Rasulullah Sallallahu Alaihiwassallam.
~ : Unyil : ~
itu baru enak Pak.. tidak memaksakan akidah.. seperti cara Rasulullah berdakwah duluuuu.
semisal Pa Raden makan babi / anjing / katak / darah dikeringkan. apakah Unyil boleh / bisa memberikan satu penilaian dosa kepada Pa Raden di sisi penilaian Allah.. dosa Pa Raden boleh dong Unyil tambahi / kurangi sekena Unyil..
maksud Unyil “lakum dinukum waliyadin” — majusi & yahudi bisa bersatu dan hidup rukun pada masa kejayaan Islam di madinah pada pemerintahan Rasulullah saw. kenapa kita sesama Islam saling ribut masalah begini..
*sampe nda punya agama saja boleh kan ya — tanggung sendiri2 tapi akibatnya..
pemikiran Unyil pribadi :: tolong semua yg membaca ini.. apakah Anda semua tidak merasa SATU AKIDAH ISLAM kita sedang digoyang agar saling memusuhi muslim satu dengan yg lain..
tolong bisa dilihat lebih luas efek dari debat ga rampung2 ini.. apakah kita akan bersatu..
Islam :: Asyhadu Alla Ilaaha Illallah, wa asyhadu anna Muhammad Rasulullah…
( adakah bidah pada dua kalimat syahadat ) T_T
~: Pa Ogah :~
Aduuhhh brisik amaaat siiiikkk kalian.. cepek deh.. kalian bahas apa siiiiiikkkyaaakkk… bidah yaa.. wong nanti semua muslimin muslimat masuk surga kok pada ribud aja siiiii,, Pa Ogah jadi kebangun deeeehhhhh… mana siniii cepeekk duluu doongggg…
~end~..
sapa mo buatin animasinya niiiihh…

Comment here